Analisis Faktor Demografi Ekonomi dan Komunikasi Terhadap Probabilitas Commuting Ke Kota Palembang (Studi Di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin)

  • Arifin Arifin Universitas Sriwijaya
  • Bambang Bemby Soebyakto Universitas Sriwijaya
  • Azizah Husin Universitas Sriwijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor demografi, ekonomi dan komunikasi yang terdiri dari umur, tingkat pendidikan, status perkawinan, pendapatan, jenis pekerjaan, jarak tempuh dan sarana transportasi umum secara parsial dan simutan terhadap probabilitas tenaga kerja asal Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin melakukan ke Kota Palembang. Dalam penelitian ini mengunakan data primer melalui instrumen kuesioner terhadap sampel yaitu sebanyak 80 responden, dan menggunakan data sekunder yaitu data dari instansi terkait serta literatur buku. Penelitian ini dilakukan di daerah Kecamatan Talang Kelapa dan di terminal Alang-alang Lebar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah . Hasil dari analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari tujuh variabel independen, terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap probabilitas tenaga kerja ke Kota Palembang. Yaitu variabel status perkawinan, pendapatan, jenis pekerjaan dan jarak tempuh. Sedangkan variabel umur, tingkat pendidikan dan sarana transportasi umum berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap probabilitas tenaga kerja commuting ke Kota Palembang.

Published
2017-09-12
How to Cite
ARIFIN, Arifin; SOEBYAKTO, Bambang Bemby; HUSIN, Azizah. Analisis Faktor Demografi Ekonomi dan Komunikasi Terhadap Probabilitas Commuting Ke Kota Palembang (Studi Di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin). Demography Journal of Sriwijaya, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 36-50, sep. 2017. ISSN 2355-4738. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/21>. Date accessed: 22 sep. 2017.