Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Prabumulih dalam Pencetakan KTP-El di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan

  • Viona Yolanda Universitas Sriwijaya
  • Nengyanti Nengyanti Universitas Sriwijaya
  • Sofyan Effendy Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Izzudin Universitas Sriwijaya

Abstract

Latar belakangi penelitian ini adalah masih lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pencetakan KTP-el khusunya di Kota Prabumulih. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya kedisiplinan pegawai, terbatasnya persediaan blangko, serta kurangnya sumber daya manusia yang secara tidak langsung mempengaruhi durasi waktu yang diperlukan dalam pencetakan KTP-el. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kinerja ASN Disdukcapil dalam pencetakan KTP-el di Kota Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori TR. Mitchell yang menilai kinerja ASN Disdukcapil berdasarkan 5 aspek, yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ASN Disdukcapil dalam pencetakan KTP-el di Kota Prabumulih cukup baik. Berdasarkan penelitian kinerja ASN dengan menggunakan teori Mitchell di Disdukcapil didapatkan hasil bahwa masih terdapat beberapa kendala yaitu dari segi ketepatan waktu seperti kurangnya blangko KTP dan keterlambatan jaringan dalam proses pencetakan KTPel dimana proses pencetakan tersebut harus menunggu hasil verifkasi data penduduk dari pusat.

Published
2019-11-02
How to Cite
YOLANDA, Viona et al. Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Prabumulih dalam Pencetakan KTP-El di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-42, nov. 2019. ISSN 2355-4711. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/62>. Date accessed: 27 feb. 2020.