Evaluasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat di Kelurahan Bagus Kuning dan Jalan Dr.M.Isa Kelurahan Kuto Batu Kota Palembang

  • Utami Chan Yo Putri Universitas Sriwijaya
  • Zailani Surya Marpaung Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Evaluasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat di Kelurahan Bagus Kuning dan Jalan DR.M.Isa Kelurahan Kuto Batu Palembang pada tahun 2015. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan pencapaian program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat di Kota Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pembahasannya difokuskan untuk mengukur keberhasilan program dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pencapaian program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat di Kelurahan Bagus Kuning dan Jalan DR.M.Isa Kelurahan Kuto Batu Kota Palembang sudah berhasil, dengan capaian persentase sebesar 85% untuk keberhasilan di Kelurahan Bagus Kuning dan capaian persentase sebesar 98% untuk keberhasilan di Jalan DR.M.Isa Kelurahan Kuto Batu. Secara keseluruhan, keberhasilan program memiliki capaian persentase sebesar 92% (persen). Terdapat perbedaan hasil capaian persentase dari setiap dimensi. Dari dimensi efektifitas, capaian persentase untuk keefektifan program di Kelurahan Bagus Kuning (90%), Kelurahan Kuto Batu (74%). Dari dimensi efisiensi, Kelurahan Bagus Kuning (80%), sedangkan Kelurahan Kuto Batu (84%). Dari dimensi kecukupan, Kelurahan Bagus Kuning (81%), Kelurahan Kuto Batu (87%). Dimensi perataan, Kelurahan Bagus Kuning (86%) dan Kelurahan Kuto Batu (83%). Dimensi responsivitas, Kelurahan Bagus Kuning (93%), Kelurahan Kuto Batu (87%). Dari dimensi ketepatan, Kelurahan Bagus Kuning (81%), Kelurahan Kuto Batu (78%). Saran yang dihasilkan dari penelitian ini, seharusnya pihak Dinas Pekerja Umum Cipta Karya dan Perumahan sebagai pengawas maupun implementor bisa lebih tegas dalam mengawasi dan konsisten dalam pemberlakuan peraturan, serta membangun komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat serta tenaga ahli dan masyarakat agar tidak ada kesan yang kurang mendukung di masyarakat.

Published
2019-06-23
How to Cite
PUTRI, Utami Chan Yo; MARPAUNG, Zailani Surya. Evaluasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat di Kelurahan Bagus Kuning dan Jalan Dr.M.Isa Kelurahan Kuto Batu Kota Palembang. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-35, june 2019. ISSN 2721-4052. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/54>. Date accessed: 20 apr. 2024.