IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) TAHAP II DI KABUPATEN LAHAT (STUDI KASUS PENINGKATAN PERILAKU HIGIENIS DAN PELAYANAN SANITASI)

  • Andriani Andriani Universitas Sriwijaya
  • Husni Thamrin Universitas Sriwijaya
  • Dadang Hikmah Purnama Universitas Sriwijaya

Abstract

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan program pemerintah dalam upaya peningkatan perilaku higienis dan pelayanan sanitasi. Realitas dilapangan menunjukkan masih banyak masyarakat yang melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dengan kondisi sanitasi yang minim. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program PAMSIMAS di Kabupaten Lahat Studi Kasus Peningkatan Perilaku Higienis Dan Pelayanan Sanitasi. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskripsi dan menggunakan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Lingkungan (PAMSIMAS) Tahap II di Kabupaten Lahat Studi Kasus Peningkatan Perilaku Higienis dan Pelayanan Sanitasi belum sepenuhnya terimplementasi dengan baik. Hal ini terlihat dari sejauhmana aspek-aspek idealized policy, target group, implementing organization dan environmental factors dapat menimbulkan perubahan-perubahan sebagaimana yang diharapkan oleh program yaitu peningkatan perilaku higienis dan pelayanan sanitasi.

Published
2019-03-01
How to Cite
ANDRIANI, Andriani; THAMRIN, Husni; HIKMAH PURNAMA, Dadang. IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) TAHAP II DI KABUPATEN LAHAT (STUDI KASUS PENINGKATAN PERILAKU HIGIENIS DAN PELAYANAN SANITASI). Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 22-28, mar. 2019. ISSN 2721-4052. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/48>. Date accessed: 26 apr. 2024.