KAMPUNG KB DALAM BINGKAI MEDIA: ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN KAMPUNG KB SELAMA TAHUN 2016

  • Raden Ayu Wulantari Universitas Sriwijaya

Abstract

Kampung Keluarga Berencana (KB) menjadi program strategis BKKBN yang dinilai inovatif. Dengan dukungan pemerintah pusat maupun daerah Kampung KB menjadi program yang kerap dikampanyekan melalui media. Kampung KB menjadi isu penting di daerah karena urgensi-nya yang dinilai dapat mengurangi kemiskinan dan menciptakan keluarga sejahtera bahagia. Penelitian ini ingin melihat bagaimana isu Kampung KB dibingkai oleh media. Berita yang digunakan adalah dokumentasi kliping berita mengenai Kampung KB selama tahun 2016 milik Humas BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Berita akan dianalisis menggunakan framing Entman dengan dibagi menjadi kerangka per bulan. Wawancara dan dokumentasi merupakan data sekunder untuk mendukung analisis framing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita dinilai positif dengan isu Kampung KB di setiap bulan. Tujuan pemberitaan Kampung KB di media massa adalah untuk membentuk opini publik betapa pentingnya Kampung KB dijalankan dan didukung oleh semua pihak.

Published
2018-03-04
How to Cite
WULANTARI, Raden Ayu. KAMPUNG KB DALAM BINGKAI MEDIA: ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN KAMPUNG KB SELAMA TAHUN 2016. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 11-16, mar. 2018. ISSN 2721-4052. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/26>. Date accessed: 22 nov. 2024.