ANALISIS HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI RUMAHTANGGA DENGAN KESEHATAN REPRODUKSI DI PROVINSI JAMBI: Analysis Data SDKI tahun 2012

  • Suandi Suandi Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan kondisi status sosial ekonomi rumahtangga, dan kesehatan reproduksi di Provinsi Jambi, dan (2) Menganalisis hubungan status sosial ekonomi rumahtangga dengan kesehatan reproduksi di Provinsi Jambi. Desain penelitian adalah dokumentasi. Pelaksanaan penelitian difokuskan pada Provinsi Jambi. Variabel Penelitian dikelompok kedalam dua bagian, yakni status sosial ekonomi rumahtangga (kepemilikan rumahtangga, anggota rumahtangga, jenjang pendidikan, dan jenis pekerjaan), dan aspek Kesehatan Reproduksi (pemeriksaan kehamilan, penolong persalinan, umur kawin pertama, janak antar kelahiran, dan umur melahirkan pertama). Pelaksanaan penelitian ini membutuhkan waktu selama 6 (enam) bulan kalender. Data penelitian ini bersumber dari data sekunder yang diambil dari data hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) Nasional tahun 2012. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan wanita pernah kawin dengan pria terdapat perbedaan yang cukup signifikan baik yang terdapat di daerah perkotaan maupun perdesaan. Proporsi penduduk wanita dan pria pernah kawin di daerah perkotaan, rata-rata tingkat pendidikan relatif lebih baik dibandingkan penduduk wanita dan pria perdesaan. Median umur wanita kawin pertama berhubungan positif dengan karakteristik latar belakang pendidikan. Wanita umur 25-49 yang tinggal di daerah perkotaan dua tahun lebih lambat dalam melakukan hubungan seksual yang pertama dibandingkan dengan wanita yang tinggal di daerah perdesaan (20 tahun dibandingkan dengan 18 tahun). Ada hubungan positif antara tingkat pendidikan dan median melahirkan anak pertama. Wanita yang tinggal di perkotaan melahirkan anak pertama hampir tiga tahun lebih tua dibandingkan dengan wanita di perdesaan (23 tahun berbanding 20 tahun).

Published
2017-07-19
How to Cite
SUANDI, Suandi. ANALISIS HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI RUMAHTANGGA DENGAN KESEHATAN REPRODUKSI DI PROVINSI JAMBI: Analysis Data SDKI tahun 2012. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-9, july 2017. ISSN 2721-4052. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/11>. Date accessed: 02 apr. 2020.