REMITAN DAN PEMANFAATANNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA: STUDI KASUS DESA SERIGUNA KECAMATAN TELUK GELAM OKI

  • Muhammad Azril Jaya Putra Universitas Sriwijaya
  • Rosmiyati Chadijah Universitas Sriwijaya
  • Happy Warsito Universitas Sriwijaya

Abstract

Besarnya jumlah penghasilan dari tenaga kerja Indonesia yang dikirimkan pada warganya di kampung halaman akan berdampak terhadap perubahan kondisi sosial ekonomi keluarga tenaga kerja Indonesia di daerah asal dari segi sosial ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak remitansi tenaga kerja Indonesia luar Negeri terhadap kondisi sosial ekonomi keluarga tenaga kerja Indonesia di daerah asal. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa karakteristik sosial ekonomi keluarga dan individu terhadap kondisi sosial ekonomi adalah sebagian besar berada pada usia produktif dengan tingkat pendidikan masih rendah yaitu SMA, dan sebagian besar keluarga bermatapencaharian sebagai petani. Dilihat dari manfaat remitan yang diterima oleh keluarga tenaga kerja Indonesia terhadap kondisi sosial ekonomi keluarga tenaga kerja Indonesia yang berasal dari desa Seriguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir dikampung halamannya terdapat 83,3 persen dari keseluruhan populasi penelitian yang ada menggunakan remitan yang diperoleh untuk pemanfaatan yang bersifat produktif (investasi jangka panjang) seperti membeli tanah, membuka usaha, renovasi rumah, membiayai pendidikan anak dan ditabung atau disimpan di bank dan 16,7 persen lainnya menggunakan remitan yang mereka peroleh untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif seperti memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membantu biaya perayaan hari-hari besar keagamaan dan hari besar keluarga.

Published
2017-07-18
How to Cite
PUTRA, Muhammad Azril Jaya; CHADIJAH, Rosmiyati; WARSITO, Happy. REMITAN DAN PEMANFAATANNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA: STUDI KASUS DESA SERIGUNA KECAMATAN TELUK GELAM OKI. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 20-33, july 2017. ISSN 2721-4052. Available at: <http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/10>. Date accessed: 04 mar. 2021.